top of page

GaS GANG

Public·9 members

Jurnal Akuntansi Keperilakuan Pdf 28


Akuntansi keperilakuan merupakan bagian dari disiplin ilmu akuntansi yang mengkaji hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi, serta dimensi keperilakuan dari organisasi. Akuntansi bukanlah sesuatu yang statis, tetapi akan selalu berkembang sesuai dengan pekembangan lingkungan akuntansi serta kebutuhan organisasi akan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Berdasarkan pemikiran tersebut, manusia dan faktor sosial secara jelas didesain dalam aspek-aspek operasional utama dari seluruh sistem akuntansi. Intisari dari proses akuntansi adalah komunikasi atas informasi yang memiliki implikasi keuangan atau manajemen. Karena pengumpulan atau pelaporan informasi mengkonsumsi sumber daya, biasanya hal tersebut tidak dilakukan secara suka rela kecuali pembuat informasi yakin bahwa hal ini akan mempengaruhi penerima untuk berperilaku sebagaimana yang diinginkan oleh pelapor/pembuat.




Jurnal Akuntansi Keperilakuan Pdf 28



Sejarah ilmu akuntansi sudah berusia ribuan tahun dan dapat ditelusuri ke peradaban kuno.Perkembangan awalnya adalah pada Mesopotamia kuno dan terkait erat dengan perkembangan dalam penulisan, penghitungan dan sistem uang.


Pembukuan entri ganda dipelopori dalam komunitas Yahudi di Timur Tengah abad pertengahan awal dan selanjutnya disempurnakan di Eropa abad pertengahan. Karya pertama tentang sistem pembukuan entri ganda diterbitkan di Italia, oleh Luca Pacioli yang dikenal sebagai bapak akuntansi.


Seperti yang dijabarkan diatas, akuntansi adalah adalah sekumpulan proses yang berkaitan dengan proses keuangan yang terjadi pada bisnis atau organisasi. Prosesnya terdiri dari mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data. Berikut adalah penjelasan keempat proses tersebut.


Proses pertama dan terpenting dalam sebuah proses akuntansi adalah pencatatan berbagai transaksi yang dibuat dalam perusahaan. Ini juga dapat disebut sebagai pembukuan yang merupakan proses mengenali transaksi dan memasukannya sebagai catatan.


Pembukuan hanya berkaitan dengan segmen pencatatan dan tidak ada yang lain. Dalam akuntansi sendiri biasanya terdiri dari banyak pembukuan guna kepentingan pencatatan yang terperinci. Pemeliharaan prosedur ini terjadi secara sistematis.


Oleh karena itu, untuk menganalisis semua ini, akuntansi memperkenalkan konsep perbandingan. Membandingkan laba, penjualan, ekuitas, dan sebagainya satu sama lain untuk menentukan dan menganalisis kinerja, mengambil keputusan dan membuat pertumbuhan suatu organisasi bisnis.


Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis, bahasa dari transaksi yang telah terjadi. Otak manusia tidak dapat menyimpan informasi tanpa akhir, dengan demikian, proses akuntansi bertanggung jawab untuk menyimpan catatan semua transaksi yang dilakukan dalam suatu perusahaan.


Bisnis harus berbanding lurus dengan keuntungan. Ini semua tentang menghasilkan laba. Bagan akuntansi laba rugi menentukan apakah ada untung atau rugi yang dibuat dalam bisnis. Penghasilan dan pengeluaran menentukan untung dan rugi.


Dengan bantuan semua catatan keuangan yang telah dibuat dengan mengikuti prosedur akuntansi, keputusan dapat dibuat berdasarkan semua informasi yang pada akhirnya membantu kelancaran fungsi organisasi dan pengembangan bisnis yang lebih baik.


Pada artikel ini kami sudah membahas macam macam bidang akuntansi secara lengkap. Akuntansi sendiri memiliki bidang yang berbeda dan sesuai peruntukannya. Di bawah ini adalah contoh dan pengertian setiap bidang yang mungkin Anda pernah dengar.


Akuntansi keuangan berfokus pada pelaporan informasi keuangan organisasi kepada pengguna informasi eksternal, seperti investor, calon investor dan kreditor. Juga untuk menghitung dan mencatat transaksi bisnis dan menyiapkan laporan keuangan untuk pengguna eksternal sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia


Bidang ini berfokus pada pengukuran, analisis, dan pelaporan informasi yang dapat membantu manajer dalam membuat keputusan untuk memenuhi tujuan organisasi. Dalam akuntansi manajemen, tindakan dan laporan internal didasarkan pada analisis biaya-manfaat, dan tidak diharuskan untuk mengikuti standar akuntansi di Indonesia.


Bidang akuntansi ini adalah bagian dari sistem informasi organisasi yang berfokus pada pemrosesan data keuangan. Banyak perusahaan menggunakan sistem informasi berbasis kecerdasan buatan. Industri perbankan dan keuangan menggunakan AI sebagai pendeteksi penipuan.


Untuk akuntansi perpajakan adalah struktur metode yang berfokus pada pajak daripada tampilan laporan keuangan. Standar perpajakan juga berbeda dengan standar akuntansi keuangan atau PSAK, hal ini dikarenakan dalam perpajakan tidak ada namanya akuntansi, yang ada hanya pencatatan pembukuan saja. Untuk penjelesan lengkap tentang ini, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.


Bidang ini adalah perpaduan antara bidang ilmu akuntansi dengan kemampuan investigatif untuk memecahkan suatu masalah/sengketa keuangan atau dugaan fraud yang pada akhirnya akan diputuskan oleh pengadilan/ arbitrase/ tempat penyelesaian perkara lainnya.


Seiring perkembangan ilmu akutansi yang terus berlanjut, Indonesia sendiri juga sudah membentuk Dewan standar akuntansi keuangan (DSAK) dibawah Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI. Badan ini menentukan dan merancang setiap standar yang nantinya harus dipatuhi oleh perusahaan negara dan swasta.


Oleh karena itu, harapannya adalah untuk menyatukan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) dengan IFRS saat mereka berdiri pada tanggal 1 Januari 2014 diimplemantasikan pada tanggal 1 Januari 2015, lalu dengan IFRS saat pada 1 Januari 2015 diimplementasikan pada 1 Januari 2016, dan seterusnya.


Mahasiswa kurang memahami prospek pekerjaan bidang perpajakan di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi diri dan persepsi mahasiswa program studi akuntansi terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan. Variabel bebas yaitu motivasi diri dan persepsi dan variabel terikat yaitu peminatan karir dalam bidang perpajakan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik sampling jenuh dengan Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji secara parsial terdapat pengaruh positif motivasi diri mahasiswa program studi akuntansi terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan. Berdasarkan hasil uji secara parsial terdapat pengaruh positif persepsi mahasiswa program studi akuntansi terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan. Dan berdasarkan hasil uji secara simultan terdapat pengaruh positif motivasi diri dan persepsi mahasiswa program studi akuntansi terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Motivasi diri dan persepsi mahasiswa berpengaruh terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan


Akuntansi keperilakuan sebagai suatu mata kuliah belum banyak ditawarkan di perguruan tinggi Indonesia. Dalam tulisan ini ditawarkan argumen bahwa mata kuliah tersebut bisa ditawarkan paling tidak sebagai mata kuliah pilihan untuk membekali mahasiswa dalam memahami aspek keperilakuan dalam pekerjaannya kelak setelah selesai dari studinya 350c69d7ab


About

GRIMMandSHADOW welcome to the GaS GANG ! You can connect wit...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page